3 Cara Aman Mencairkan Frozen Food

Frozen food atau makanan beku akan lebih baik jika tak langsung dimasak begitu saja. Kristal es yang menyelimuti makanan harus dicairkan terlebih dahulu. Ada beberapa cara tepat untuk mencairkan frozen food.

Mencairkan makanan beku tak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus berhati-hati saat berusaha mencairkannya. Beberapa cara justru tidak aman dan dapat mengundang bakteri untuk masuk.

Gunakan frozen food seperti ikan, daging, sayur, dan buah, atau makanan olahan beku yang masih baik dikonsumsi. Rata-rata makanan beku dapat bertahan selama 3-6 bulan tergantung jenis makanan. Periksa kembali kemasan dan petunjuk penyimpanan makanan beku olahan.

Kunci mengolah frozen food agar tetap baik dan tidak mengurangi nilai gizi saat diolah terletak pada proses thawing atau mencairkan makanan beku sebelum diolah atau dimatangkan.

“Yang perlu diperhatikan adalah proses thawing atau mencairkan makanan beku,” kata ahli gizi klinis Juwalita Surapsari kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Berikut cara-cara mencairkan makanan beku yang bisa Anda praktikkan di rumah, mengutip berbagai sumber.

1. Di dalam lemari pendingin

Freezer dan rak lemari pendingin memiliki temperatur udara yang berbeda. Anda bisa mencairkan makanan beku dengan memindahkannya dari freezer ke kompartemen lemari pendingin.

Mengutip The Kitchn, cara ini akan memakan waktu yang cukup lama. Biasanya dibutuhkan satu hari penuh untuk mencairkan makanan beku berukuran kecil. Sementara untuk makanan berukuran besar dibutuhkan waktu hingga 24 jam.

Meski terbilang lama, namun cara ini diklaim sebagai yang paling aman. Membiarkan makanan tetap berada dalam suhu rendah dapat mengurangi risiko paparan bakteri. Selain itu, dengan cara ini Anda juga dapat kembali makanan beku yang sudah dicairkan ke dalam freezer.

2. Menggunakan air dingin

Bukan air hangat, Anda hanya memerlukan air dingin untuk mencairkan frozen food. Cara ini jauh lebih cepat ketimbang harus membiarkannya berlama-lama berada di dalam lemari pendingin.

Caranya mudah. Bungkus makanan beku ke dalam plastik. Siapkan satu wadah berisi air dingin. Masukkan makanan beku yang terbungkus ke dalamnya dan rendam hingga kristal es perlahan mencair. Ganti air setiap 30 menit sekali untuk memastikan air tetap dingin.

Pencairan dengan cara ini memerlukan waktu sekitar 30-60 menit.

Setelah es mencair sepenuh, Anda disarankan untuk segera memasaknya. Jangan biarkan makanan terlalu lama berada di dalam suhu ruang.

3. Menggunakan microwave

Microwave menawarkan metode pencairan makanan beku tercepat. Namun, jadikan microwave sebagai pilihan terakhir dan saat Anda terburu-buru.

Sebelum dimasukkan ke dalam microwave, buka kemasan makanan. Simpan makanan dalam mangkuk atau piring dan masukkan ke dalam microwave.

Masak makanan beku yang telah mencair sesegera mungkin. Beberapa area makanan yang menjadi hangat karena microwave berisiko mengundang bakteri.

Makanan yang dimasak setengah matang tak bisa disimpan terlalu lama dalam suhu ruang. Bahkan, dengan cara itu, sangat mungkin makanan mencapai suhu optimal bagi pertumbuhan bakteri.

Jangan Dicairkan dalam Suhu Ruang

Hingga saat ini, masih banyak orang yang mencairkan frozen food dengan mendiamkannya dalam beberapa waktu di suhu ruang. Namun, alih-alih menyehatkan, cara itu justru mengundang bahaya.

Mengutip Life Hacker, tidak mencairkan di dalam suhu ruang adalah aturan nomor satu yang patut diketahui soal pengolahan frozen food.

Perlu diketahui, bakteri akan tumbuh pada temperatur udara 5-60 derajat Celcius. Suhu ruang umumnya berkisar antara 20-22 derajat Celcius. Artinya, mendiamkannya di dalam suhu ruang sama dengan membiarkan bakteri untuk tumbuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *